Sunday, February 11, 2007

gudeg ala mertua ....

ini gudeg ala ibu mertua ... kata suami waktu makan, "udah persis masakan ibu nih Nda" ... he he he ... seneng euy karena suami makan lahap dan Aditnya juga doyan ... :))

sorry resepnya gag pakai ukuran, karena kemaren lupa gag dicatet ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Gudeg ala Mertua

Bahan :
  • 1 buah nangka ukuran sedang, kupas, potong kecil, rebus hingga empuk, buang air perebusnya, sisihkan
  • 250 g daun singkong yang udah direbus
  • 1/2 kg iga sapi berdaging
  • 1 L air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 iris tipis lengkuas
  • gula jawa secukupnya
  • santan sedang secukupnya

Bumbu Halus :

  • bawang merah
  • bawang putih
  • kemiri
  • ketumbar
  • jintan
  • garam

Cara Membuat :

  • Rebus tulang iga dalam 1 L air yang sudah mendidih hingga empuk.
  • Masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula jawa, bumbu halus dan potongan nangka yang sudah direbus. Tuangi santan, dan masak dengan api kecil hingga kuah berkurang dan bumbu meresap.
  • Tambahkan daun singkong, aduk rata dan masak terus hingga kuah habis.
  • Angkat dan sajikan.

Note :

  • Gudeg lebih enak jika diinapkan dulu semalaman agar bumbunya lebih meresap.
  • Jika akan dipanaskan, tambahkan santan atau air panas secukupnya.

cake kukus lapis seribu ...

dalam rangka memberdayakan bumbu spekoek yang jauh-jauh dibawa dari Indonesia, akhirnya browsing dan nemu resep cake kukus lapis seribu disini ...

resep ini cocok banget dengan kebutuhanku yang sampai sekarang baru sukses kalo bikin kue dengan cara dikukus ... hasilnya mirip banget dengan lapis legit yang dipanggang ... cobain dech ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Cake Kukus Lapis Seribu

Bahan A :
  • 6 butir telur utuh
  • 3 butir kuning telur
  • 250 g gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm emulsifier (misal TBM, SP, dll)
  • ½ sdt vanilli

Bahan B :

  • 150 g tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • ½ sdt baking powder

Bahan C :

  • 100 g mentega
  • 100 g margarin

Bahan D :

  • 10 g coklat bubuk
  • 1 sdm bumbu spekoek

Cara Membuat :

  • Siapkan loyang loaf 22 x 10 x 8cm, poles dengan mentega alasi kertas roti. Sisihkan. (note : saya pake loyang 20 x 20 cm)
  • Kocok bahan C (mentega dan margarin) menjadi satu hingga pucat, sisihkan.
  • Kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata. Beri bahan C yg sudah dikocok, aduk rata.
  • Ambil lk. 4 sendok makan adonan, tuang dalam loyang, ratakan. Taburi campuran coklat bubuk dan bumbu spekoek dengan cara diayak rata dipermukaannya. Kukus selama 10 menit.
  • Lalu tuang lagi 4 sendok makan adonan, ratakan dan taburi coklat bubuk lagi, kukus. Lakukan selapis demi selapis hingga adonan habis.
  • Terakhir, teruskan kukus selama 20 menit. Angkat.

lapis singkong ...

duh, kalo tiap wiken mesti bikin camilan buat dibawa ke pengajian anak-anak sama dibawa buat maen bola ternyata bikin pusing kepala juga euy ... kan gag mungkin tiap kali bawa brownies kukus melulu ... akhirnya, mesti putar otak nyari resep yang laen ...

kebetulan punya singkong parut frozen, langsung dech ada ide bikin "sentiling" ... tapi, karena mau dibawa untuk keesokan harinya, jadi takut basi dech karena sentiling kan pake kelapa parut ...

akhirnya, bikin aja "asal jadi" ... ternyata, mayan juga hasilnya ... bawa 25 potong ke lapangan bola langsung tandas kata Emas ... mungkin karena orang-orang dah lama gag makan singkong kali ya ? ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lapis Singkong

Bahan :
  • 900 g singkong parut
  • 1 bungkus agar-agar tanpa warna
  • 1 kaleng (400 ml) santan kental
  • 300 g gula pasir (kalo tidak suka manis, jumlah gula bisa dikurangi)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt essence pandan
  • 1 sdt pewarna hijau untuk makanan

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang, dan lapisi tutupnya dengan serbet.
  • Olesi loyang dengan minyak sayur. Sisihkan.
  • Dalam sebuah waskom, masukkan singkong parut, agar-agar, santan kental, gula pasir dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. 1 bagian dibiarkan tanpa pewarna sementara 1 bagian lainnya ditambah dengan essence pandan dan pewarna hijau. Aduk hingga rata.
  • Tuangkan setengah bagian adonan hijau kedalam loyang, lalu kukus selama 10 menit hingga mengeras.
  • Tambahkan setengah bagian adonan putih, kukus kembali selama 10 menit.
  • Masukkan sisa adonan hijau, kukus 10 menit dan terakhir masukkan adonan putih dan kukus kembali selama 20 menit hingga matang seluruhnya.
  • Keluarkan loyang dari dandang dan biarkan hingga benar-benar dingin.
  • Setelah dingin benar, kue akan mudah dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.
  • Sajikan kue dengan kelapa parut yang telah dikukus dengan daun pandan dan sedikit garam.

Photobucket - Video and Image Hosting

pisang molen ...

sebenarnya resep pisang molen keju ini udah pernah saya posting disini ... tapi karena saya sedikit melakukan perubahan (cieee), maka rasanya tidak ada salahnya saya posting versi terbarunya ... hi hi hi ... kayak lagu aja ...

beda resep yang ini ama resep yang dulu adalah pada jumlah gula dan kejunya ... juga pada tingkat ketipisan lembaran kulitnya ... jika biasanya saya hanya sampai no. 5, kali ini saya menipiskannya sampai no. 7 ... tapi jadinya sich lebih crispy kalo menurut saya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Pisang Molen
Bahan :
  • 500 g tepung terigu
  • 75 g gula halus (resep yang dulu : 100 g)
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 kuning telur
  • 125 g margarin (suhu ruangan)
  • 100 ml air hangat
  • 100 g keju cheddar parut (resep yang dulu : 75 g)
  • pisang, potong-potong
  • minyak goreng

Cara Membuat :

  • Dalam sebuah wadah yang cukup besar, campur tepung terigu, gula halus, vanili dan garam hingga rata. Tambahkan kuning telur dan margarin.
  • Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Terakhir masukkan keju parut, uleni hingga tercampur rata.
  • Bungkus adonan dengan plastik dan diamkan selama 15-20 menit dalam suhu ruangan.
  • Dengan menggunakan gilingan mie, giling adonan hingga menjadi pita pipih yang panjang dengan lebar 3 cm.
  • Lilitkan pada potongan pisang hingga tertutup seluruhnya. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
  • Goreng dalam minyak panas yang banyak hingga molen matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

Note :

  • buat yang suka manis, pisang molen ini enak juga lho disajikan dengan taburan gula donat ... :)

soto kudus ala emak ...

kalo bikin soto, biasanya kan ayam direbus tersendiri ... kaldunya buat kuah soto, sementara ayamnya digoreng lalu disuwir-suwir ... nha kalo soto ala emakku ini, ayamnya dimasukkan kedalam tumisan bumbu hingga ayamnya tidak "sepo" alias hambar ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Soto Kudus ala Emak

Bahan :
  • 1 ekor ayam, belah 4 bagian
  • 1.5 L air panas
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 iris tipis jahe
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm

Bumbu Halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Pelengkap :

  • suun, seduh air panas hingga bening, tiriskan
  • taoge, seduh air panas, tiriskan
  • kol, buang tulang daunnya, iris halus
  • seledri, iris halus
  • bawang merah goreng
  • bawang putih goreng
  • sambal rawit
  • kecap manis
  • air jeruk nipis

Cara Membuat :

  • Panaskan 2 sdm minyak lalu tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk dan jahe hingga harum. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu.umbu halus bersama serai, daun jeruk dan jahe hingga harum. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu.
  • Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna. Biarkan hingga ayam keluar airnya.
  • Tuangi air panas dan kecilkan api. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan air tinggal 1 L.
  • Angkat ayam dan goreng hingga kering. Tiriskan lalu suwir-suwir dagingnya.

Penyajian :

  • Dalam mangkuk saji, beri suun, taoge, irisan kol dan suwiran ayam. Siram dengan kuah soto lalu taburi dengan irisan seledri, bawang merah goreng dan bawang putih goreng.
  • Sajikan hangat dengan sambal rawit, kecap manis dan air jeruk nipis.

asem-asem iga ...

masakan ini, cocok buat orang yang punya hobby ngerikitin tulang seperti saya ... he he he ...
selama ini suka bikin asem-asem buncis pake tetelan ... kali ini nyobain bikin pake iga ... enak juga ternyata ... syaratnya, ni masakan mesti dibikin sehari sebelumnya biar bumbunya benar-benar meresap dan daging yang menempel di iga benar-benar empuk ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Asem-Asem Iga

Bahan :
  • 500 g iga sapi yang masih berdaging, potong-potong
  • 1 L air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 iris lengkuas, digeprak
  • 2 sdm air asam jawa
  • 3 sdm kecap manis

Bumbu :

  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris bulat 1/2 cm
  • 2 buah cabai hijau, iris bulat 1/2 cm
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :

  • Rebus iga dalam 1 L air bersama 1 lembar daun salam dan 1 iris lengkuas hingga daging yang menempel di tulangnya empuk. Biarkan diatas api.
  • Sementara itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, cabai merah dan cabai hijau. Aduk hingga layu.
  • Masukkan tumisan bumbu kedalam panci berisi iga dan kaldunya. Bubuhi dengan gula merah, garam, air asam jawa dan kecap manis. Angkat.
  • Akan lebih nikmat jika masakan ini dimasak sehari sebelum disajikan.

lapis pandan ...

sudah lamaaaa banget pengen bikin lapis ... setelah percobaan terakhir gatot, akhirnya jadi males nyoba lagi ... tapi, setelah liat Lapis Malaya'nya Julia, jadi kepengen nyoba lagi dech ...
dengan sedikit modif, akhirnya jadi juga tu lapis ... enak euy, walo menurut aku kurang manis dikit sich ... maklum, suka yang manis-manis ... he he he ...
thanks ya Jul udah share resepnya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lapis Pandan

Bahan :
  • 900 ml santan kental
  • 250 g gula pasir (yang suka manis bisa ditambah 25 g)
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 tetes essence pandan
  • pewarna hijau secukupnya

Ayak menjadi satu :

  • 275 g tepung beras
  • 100 g tepung maizena
  • 25 g tepung terigu

Cara Membuat :

  • Didihkan santan kental bersama gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan.
  • Sementara itu, panaskan dandang. Jangan lupa, lapisi penutupnya dengan serbet agar uap airnya tidak menetes kembali ke atas permukaan kue.
  • Olesi loyang dengan minyak. Sisihkan.
  • Setelah santan dingin betul, masukkan campuran tepung. Aduk hingga menjadi adonan yang licin. Saring juga perlu.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak.
  • Ambil 1 bagian adonan, beri essence pandan dan pewarna hijau. Aduk hingga tercampur rata.
  • Biarkan 1 bagian adonan lainnya tanpa warna.
  • Masukkan loyang kedalam kukusan lalu tuang 1 sendok sayur adonan hijau kedalamnya. Kukus selama 5 menit hingga mengeras.
  • Tuangkan 1 sendok sayur adonan putih, kukus kembali selama 5 menit. Begitu seterusnya berselang-seling sambil dikukus masing-masing selama 5 menit.
  • Terakhir, kukus selama 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk jika perlu.
  • Angkat dan dinginkan. Potong-potong sebelum disajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

semar mendem pedas ...

semar mendem ini merupakan modifikasi semar mendem khas jogja yang rasanya manis dan gurih ... sebenarnya sama persis dengan semer mendem aslinya, yaitu berupa lemper ketan berisi ayam dan dibungkus dengan dadar telur ... bedanya, yang ini isinya dibuat pedas karena untuk camilan temen-temen hubby maen bola ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Semar Mendem Pedas

Bahan :
  • 500 g ketan putih, rendam 2 jam, cuci bersih, tiriskan
  • 500 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam

Isian :

  • 2 buah dada ayam, ungkep hingga kering, suwir-suwir dagingnya
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 100 ml santan cair
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Bumbu Halus :

  • 4 buah cabai merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 1/8 sdt jintan, sangrai
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 cm kencur

Lapisan Dadar :

  • 10 butir telur ayam
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm tepung terigu
  • 200 ml santan cair
  • 2 sdm margarin, lelehkan

Cara Membuat :

  • Buat isian terlebih dahulu. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum. Masukkan suwiran ayam dan santan cair. Aduk rata. Bubuhi gula pasir dan garam. Masak hingga mengering. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  • Kukus beras ketan hingga setengah matang. Sementara itu, didihkan santan kental bersama garam, serai dan daun salam. Angkat. Masukkan ketan kukus, aduk rata. Diamkan sesaat hingga santan terserap habis. Kukus kembali ketan hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Buat lapisan dadarnya. Aduk semua bahan dadar hingga menjadi adonan yang licin. Saring jika perlu. Buat dadar tipis pada wajan datar hingga adonan habis.
  • Penyelesaian : ambil selembar dadar, beri 1 sdm ketan kukus. Tambahkan 1 sdt isian lalu beri ketan kukus lagi. Bungkus dengan cara melipat kedua sisi ke tengah lalu gulung. Lakukan hingga bahan habis.
  • Sajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus dua rasa ...

brokus ini merupakan modifikasi dari brokus pandan keju dan brokus cokelat yang sudah pernah diposting sebelumnya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Brownies Kukus Dua Rasa

Bahan Lapisan Keju :
  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur
  • 60 g gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 100 g margarin, lelehkan
  • 50 g keju cheddar parut

Bahan Lapisan Cokelat :

  • 85 g tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 g cokelat bubuk
  • 2 butir telur
  • 65 g gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 100 g margarin, lelehkan
  • 50 g DCC, lelehkan

Filling :

  • meises, secukupnya (kali ini terpaksa pake meises warna-warni karena meises cokelatnya nyelip)

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang, olesi loyang dengan margarin tipis-tipis.
  • Lapisan Keju : kocok telur dan gula pasir sebentar. Masukkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan kental. Tambahkan terigu yang sudah diayak dengan baking powder bergantian dengan margarin leleh. Aduk rata. Masukkan keju parut dan aduk kembali hingga rata. Tuang adonan kedalam loyang dan masukkan kedalam dandang yang sudah panas. Kukus selama 10 menit.
  • Lapisan Keju : kocok telur dan gula pasir sebentar. Masukkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan kental. Tambahkan terigu yang sudah diayak dengan baking powder dan cokelat bubuk bergantian dengan margarin leleh dan DCC leleh.
  • Taburi lapisan keju dengan meises hingga rata lalu tuangi dengan lapisan cokelat. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk jika perlu.
  • Angkat dan potong-potong setelah dingin.

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus utuh yang belum dipotong-potong

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus yang udah dipotong, siap di-wrap dan dibawa ke tempat ngaji

lumpia semarang ...

udah lama pengen bikin lumpia semarang, kebetulan waktu ke thai store liat rebung fresh yang udah direbus ... akhirnya, dibuatlah ni lumpia untuk camilan waktu pengajian di rumah tetangga ...

resepnya dapet nyomot dari Yang Lezat dari Cirebon-Semarang keluaran Seri Masak Femina Primarasa ... tapi tentu saja disesuaikan jumlahnya karena mesti bikin buat banyak orang ... dari satu resep ini, jadi sekitar 50 buah lumpia ukuran sedang ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lumpia Semarang

Bahan :
  • 400 g rebung yang sudah direbus, potong korek api kecil
  • 200 g udag kupas, cincang
  • 200 g daging ayam, cincang
  • 2 sdm ebi yang sudah dihaluskan
  • 3 sdm olive oil
  • 6 siung bawang putih, cincang
  • 8 butir bawang merah, cincang
  • 4 batang daun bawang, iris halus
  • 50 lembar kulit lumpia ukuran 190 x 190 mm
  • putih telur untuk merekatkan

Bumbu, aduk jadi satu :

  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Saus :

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 50 g gula merah
  • 500 ml air
  • 2 sdt cuka masak
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung kanji, larutkan dengan 2 sdm air

Pelengkap :

  • acar mentimun
  • saus asam manis + cabai rawit (kalau suka)

Cara Membuat :

  • Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang. Masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga berubah warna.
  • Tambahkan udang cincang, rebung dan ebi. Aduk hingga udang berubah warna.
  • Masukkan campuran bumbu dan irisan daun bawang. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Angkat dan dinginkan.
  • Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm adonan isi. Lipat sisi kiri dan sisi kanan ke tengah lalu gulung dan rekatkan dengan putih telur. Lakukan hingga seluruh bahan habis.
  • Goreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan saus dan acar mentimun.
  • Saus : didihkan air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan saring. Jerang kembali diatas api, tambahkan bawang putih halus, cuka masak dan kecap manis. Setelah mendidih, masukkan larutan tepung kanji, aduk hingga agak kental. Angkat.

Photobucket - Video and Image Hosting

tape ketan item ...

gara-gara beres-beres lemari dapur, baru dech tau kalo masih punya stock ketan item ... mana banyak lagi, ada 2 kilo ... akhirnya yang 1 kilo nekad aja dibikin tape ... gimana gag nekad, katanya kalo winter kan bikin tape suka gatot ...

eniwei, alhamdulillah tapenya jadi dan manis pula ... nha, giliran bingung dech tape segitu banyak mau dibikin apa ... masak iya dingin-dingin gini mau bikin puding atau es campur ? ... di desert aja suhunya nyampe 0 derajat celcius euy ...

oya, resepnya pake resep tape ketan ala Fatmah Bahalwan .... karena aku bikinnya 1 kilo, maka resepnya tinggal dikalikan dua aja ... :))

Photobucket - Video and Image Hosting
Tape Ketan Item

Bahan :
  • 500 beras ketan hitam
  • 2 gelas air
  • 2 butir ragi tape
  • 2 sdm gula kastor

Cara Membuat :

  • Rendam beras ketan hitan semalaman. Tiriskan lalu kukus hingga setengah matang.
  • Sementara mengukus, didihkan 2 gelas air.
  • Saat ketan sudah panas kepul-kepul, siram-siram dengan air mendidih (posisi tetap diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan terkena air panas. Teruskan mengukus hingga ketan matang.
  • Angkat ketan, gelar dalam nampan atau tampah. Biarkan hingga benar-benar dingin.- Haluskan ragi tape.
  • Ratakan selapis ketan dalam wadah, taburi ragi hingga rata. Taburkan juga gula kastor secukupnya.
  • Tambahkan selapis ketan lagi diatasnya, beri ragi dan gula kastor. Lakukan seterusnya hingga bahan habis.
  • Tutup rapat dan diamkan selama 3 hari 2 malam di tempat yang hangat.
  • Jadi dech tape ketannya ... :))

Tips :

  • Bila nggak takut bintitan, gunakan wadah plastik bertutup yang transparan, sehingg anda bisa mengintip metamorfosa-nya si tape.

siomay instant ...

orang males tapi pengen makan enak, nha itulah aku ... he he he ...
udah beberapa hari ini pengen banget makan siomay, cuma kalo mau bikin kok males banget ... karena pasti jadinya banyak dan gag ada yang bantu ngabisin ...

untung inget kalo di freezer punya siomay frozen bawaan dari Indo waktu mudik kemaren ... ternyata mayan enak lho ... cukup recommended untuk dibawa, terutama untuk orang males seperti aku ... he he he ... udah gitu, karena 1 bungkus isi 10 buah siomay ukuran kecil, kayaknya cocok dech kalo buat porsi berdua ... hi hi hi ...
Aditnya gag diitung karena dia gag doyan ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Siomay Instant

Bahan :
  • 2 bungkus siomay frozen, kukus 6 menit (sesuai petunjuk kemasan), sisihkan
  • 10 lembar kol, gulung (ikat dengan benang jika kol'nya kaku) lalu kukus sebentar, sisihkan
  • 10 buah kentang ukuran kecil, kukus hingga matang, sisihkan
  • 5 butir telur, rebus hingga matang, kupas, sisihkan
  • 10 buah tahu ukuran kecil, kukus sebentar, sisihkan

Saus Kacang :

  • 150 g kacang tanah, goreng, haluskan kasar
  • 4 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk limau, belah-belah
  • 50 g gula merah, sisir halus
  • 1 sdt garam
  • air panas secukupnya
  • 1 sdm margarin

Pelengkap :

  • kecap manis
  • saus sambal botolan
  • air jeruk limau

Cara Membuat :

  • Haluskan cabai merah, bawang putih dan kemiri sangrai.
  • Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan jeruk limau, masak hingga bumbu matang.
  • Masukkan kacang tanah, gula merah, garam dan air panas. Masak sambil sesekali diaduk. Tambahkan air panas secukupnya hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga berminyak lalu angkat.
  • Tata siomay, kol, kentang, telur dan tahu dalam piring saji lalu siram dengan saus kacang. Sajikan dengan pelengkapnya.

Ini bukan iklan lho, tapi cuma memperlihatkan siomay instant yang kemaren aku pakai ... mayan enak sich kalo menurut aku ... buat yang minat, silakan masukkan dalam daftar belanja kalo mudik nanti ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting

ketan isi ayam suwir pedas ...

tadinya mau bikin semar mendem, tapi kok males bikin dadar buat kulitnya ... tapi dah terlanjur ngukus ketan ma bikin isiannya ...
akhirnya dibulet-buletin aja terus dipanir dan digoreng ... lha kok ternyata mirip dengan bola-bola ketan yang ada dibuku "kreasi kudapan dari ketan" punya mas Budi Sutomo ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ketan Isi Ayam Suwir Pedas

Bahan :
  • 500 g beras ketan putih, rendam 2 jam, cuci bersih, tiriskan
  • 500 ml santan kental
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam

Isian :

  • 2 buah dada ayam, ungkep hingga kering, suwir-suwir
  • 3 lembar daun jeruk
  • 200 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu Halus :

  • 4 buah cabai merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1/4 sdt jintan sangrai
  • 5 butir kemiri sangrai

Bahan Pelapis :

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 g tepung panir

Cara Membuat :

  • Isi : tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, aduk-aduk hingga layu. Masukkan suwiran ayam dan santan cair. Bubuhi garam dan gula pasir. Masak hingga kering dan bumbu meresap. Angkat dan sisihkan.
  • Kukus beras ketan selama 30 menit hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  • Didihkan santan bersama serai, daun salam dan garam. Aduk agar santan tidak pecah. Angkat.
  • Masukkan ketan kedalam panci berisi santan, aduk rata dan biarkan sejenak agar santan terserap habis.
  • Kukus kembali ketan selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  • Alasi tangan dengan plastik (atau gunakan sarung tangan plastik), ambil 2 sdm ketan kukus, pipihkan. Beri 1 sdt adonan isi lalu bentuk bulat dan rapikan. Lakukan hingga bahan habis.
  • Celupkan bulatan ketan kedalam kocokan telur lalu gulingkan pada tepung panir hingga seluruh permukaan ketan tertutupi tepung panir.
  • Goreng dalam minyak yang banyak dan panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan selagi hangat.

Saturday, December 09, 2006

matahariku masuk koran ...

saat meeting pembagian raport kemaren, teacher Adit memberi kami copy'an foto + berita ketika Adit ikut fancy dress competition beberapa waktu yang lalu (baca di sini) ...

wow, ternyata foto Adit dan kawan-kawannya dimuat di Arab Times ... sayang, saat itu lupa menanyakan Arab Times edisi kapan ...

eniwei, seneng juga karena bisa buat dokumentasi jika Adit besar nanti ... dan makin seneng karena Adit dapet second prizes ... he he he ...

ini nih, foto plus beritanya ...

Photobucket - Video and Image Hosting

bubur sagu ...

ini salah satu bubur kesukaanku ... sayang, mudik kemaren lupa gag beli, so cuma bawa 6 buah aja yang ada di dapurnya ibu ... jadi ya bikinnya diirit-irit ... kemaren cuma bikin 3 buah dan jadi 2 mangkok ... so, sorry banget ya kalo gag nyebrang ke tetangga ... :)

Photobucket - Video and Image Hosting
Bubur Sagu

Bahan :
  • 3 buah sagu ambon (bentuknya liat di bawah)
  • gula pasir secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  • 2 cup air

Kuah Santan, didihkan sambil diaduk agar santan tidak pecah :

  • 1 (400 ml) kaleng coconut milk
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  • Rendam sagu hingga merekah. Saring.
  • Didihkan 2 cup air bersama daun pandan. Setelah mendidih, masukkan sagu. Masak sambil sesekali diaduk hingga kental. Jika dirasa terlalu kental, tambahkan air panas secukupnya.
  • Masukkan gula pasir dan garam. Aduk rata dan cicipi.
  • Jika rasanya sudah pas di lidah, angkat.
  • Sajikan dengan kuah santan.

Photobucket - Video and Image Hosting

gambar sagu ambon

ayam bakar bumbu bali ...

ayam bakar selalu jadi favorite, mau dibumbu apapun selalu menggugah selera ... kali ini nyobain resep Ayam Bakar Bumbu Bali yang ada di Bonus Masakan Kartini No. 2059 ....

rasanya ? ... enak, apalagi dilengkapi dengan lalapan plus sambel terasi, trus makannya pake gaya lesehan ... tandas dech nasi sebakul ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ayam Bakar Bumbu Bali

Bahan :
  • 1 ekor ayam, bersihkan, belah 4 bagian
  • 1 sdt garam halus
  • 3 sdm olive oil untuk menumis
  • 1 batang serai, memarkan lalu simpulkan
  • 2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus :

  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi matang
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat :

  • Lumuri potongan ayam dengan garam. Biarkan beberapa saat.
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk hingga layu.
  • Masukkan potongan ayam, aduk hingga ayam berubah warna dan terlumuri bumbu.
  • Tambahkan 50 ml air, tutup wajan dan kecilkan api. Masak hingga ayam 3/4 matang. Angkat ayam.
  • Panggang ayam sambil sesekali dibalik hingga ayam matang. Olesi dengan bumbunya sesekali.
  • Angkat ayam dan sajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

lagi seneng bikin brownies kukus nich ... kali ini nyobain resep Brownies Kukus Cokelat yang ada di Kartini, No. 2152/14-24 Nov 2005 ... gag sama persis sich, karena susu kental manis cokelatnya aku genti ama DCC yang dilelehkan ... maklum, disini SKM Cokelat engga ada ... dah gitu, resep aslinya juga gag pake meises untuk lapisannya ...

ternyata, enak juga lho ... mirip Brownies Kukus Amanda nggak ya ? ... he he he ... sapa tau ntar bisa bikin Brownies Kukus Aditya ... ngimpi kali yee ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Brownies Kukus Coklat

Bahan :
  • 4 butir telur
  • 125 g gula pasir
  • 1/2 sdm ovalet (resep asli : 1/2 sdm SP)

Ayak jadi satu :

  • 175 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 30 g cokelat bubuk
  • 1/4 sdt garam

Lelehkan :

  • 200 g margarin
  • 100 g DCC (resep asli : 100 ml SKM Cokelat)

Filling :

  • 100 g meises (resep asli : gag pake)

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang. Olesi loyang dengan margarin tipis-tipis.
  • Kocok telur dan gula pasir sebentar. Tambahkan ovalet, kocok sampai mengembang dan kental.
  • Masukkan campuran tepung bergantian dengan margarin dan DCC leleh, aduk hingga rata.
  • Tuangkan setengah bagian adonan kedalam loyang, dan kukus dalam dandang yang sudah mendidih airnya selama 15 menit. Lapisi tutup dandang dengan serbet bersih agar uap airnya tidak menetes kembali.
  • Setelah 15 menit, taburi meises hingga rata. Tuangkan sisa adonan sambil diratakan dengan spatula.
  • Kukus kembali selama 15-20 menit hingga matang.
  • Keluarkan loyang dari dandang dan dinginkan. Potong-potong sebelum disajikan.

Catatan :

  • Loyang yang digunakan menurut resep adalah loyang ukuran 20 x 20 x 7 cm, tetapi karena loyang kotak saya gag muat di dandang yang saya punya, maka saya pake loyang bulat yang bolong tengahnya (tulban) ...

brownies kukus pandan keju ...

ini salah satu camilan acara pengajian kemaren ... resepnya dapet dari Kartini, No. 2152/14-24 Nov 2005 ... gag sama persis sich, karena diresep aslinya gag pake essence pandan ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Brownies Kukus Pandan Keju

Bahan :
  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 4 butir telur
  • 150 g gula pasir
  • 1/2 sdm emulsifier (aku pake ovalet)
  • 200 g margarin, lelehkan
  • 75 g keju cheddar parut
  • beberapa tetes pewarna hijau
  • beberapa tetes essence pandan
  • 25 g keju cheddar parut, untuk taburan

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang. Olesi loyang dengan sedikit margarine. Sisihkan.
  • Ayak tepung terigu bersama baking powder. Sisihkan.
  • Kocok telur dan gula pasir sebentar. Tambahkan emulsifier, kocok kembali hingga kental dan mengembang.
  • Masukkan campuran terigu dan margarine leleh secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. Untuk adonan keju, tambahkan 1 bagian adonan dengan keju parut. Aduk rata.
  • Untuk adonan pandan, tambahkan pewarna hijau dan essence pandan. Aduk rata.
  • Tuang adonan kedalam loyang secara berselang-seling.
  • Masukkan loyang kedalam dandang yang sudah mendidih airnya. Bungkus tutup dandang dengan serbet bersih agar uap air tidak menetes kembali.
  • Kukus selama 30 menit hingga matang. Jika ragu, lakukan tes tusuk.
  • Angkat dan dinginkan. Taburi dengan keju parut lalu potong-potong.
  • Sajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

tahu bakso ...

wiken kemaren, rumah kami mendapat kesempatan untuk menjadi tempat pengajian anak-anak ... so, selain tentengan buat anak-anak, kami juga menyediakan camilan untuk para pengantarnya donk ... maklum, anak-anak disini kan tidak mungkin pergi tanpa ada yang ngantar ...

en karena sekarang sudah mulai winter, diputuskan untuk membuat Bakwan Malang plus Wedang Ronde ... dan salah satu isi dari bakwan malang terebut adalah tahu bakso ...

tahu bakso ini dapat juga dijadikan camilan, cukup dilengkapi dengan saus sambal botolan atau cabai rawit ... walah, malah inget jaman kerja dulu ... hampir tiap hari saya beli 1 bungkus tahu bakso berisi 10 buah plus cabe rawitnya dengan harga 3000 rupiah ... :))

oya, 1 resep ini jadi sekitar 80 buah tahu bakso, so kalo mau bikin cuma dikit ya jumlah bahannya dikurangi aja ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Tahu Bakso

Bahan :
  • 40 buah tahu pong ukuran 5 x 5 cm, belah diagonal menjadi 2 bagian (tahu pong dapat diganti dengan tahu goreng yang dibelah segitiga dan dikerok bagian diagonalnya hingga berlubang)

Isian :

  • 5oo g daging sapi cincang
  • 500 g daging ayam, cincang
  • 6 siung bawang putih, parut
  • 6 sdm tepung sagu tani (seneng euy, di Kuwait sekarang udah ada)
  • 6 putih telur
  • 100 g es batu
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 sdt garam

Cara Membuat :

  • Jerang air dalam sebuah panci hingga mendidih.
  • Proses semua bahan isian dengan food processor hingga lembut.
  • Ambil seujung sendok adonan, masukkan dalam air yang sedang mendidih. Setelah matang dan mengapung, cicipi rasanya.
  • Tambahkan bumbu yang dirasa kurang lalu proses kembali hingga lembut.
  • Isikan adonan kedalam tahu lalu kukus selama 30 menit hingga matang. Angkat dan sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal botolan.

Tips :

  • Dengan 1 resep ini, Anda juga dapat membuat Bakwan Malang Komplit. Caranya, bagi adonan yang sudah lembut menjadi 4 bagian. 1 bagian adonan dibuat menjadi bakso rebus, 1 bagian adonan dibuat menjadi bakso goreng, 1 bagian adonan dibuat menjadi tahu bakso, dan 1 bagian adonan lainnya dibuat menjadi isi pangsit.
  • Anda tinggal membuat kuahnya dan menambahkan mi serta sawi ijo (kalau mau) ... dan jadilah Bakwan Malang Komplit, cocok buat winter seperti ini ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Bakwan Malang Komplit
ups, minus bakso kuah yang masing nongkrong di dapur

nastar empuk tabur keju ...

nastar yang ini beda dengan nastar yang pernah saya posting sebelumnya ... kalo nastar yang dulu adalah nastar yang renyah karena kedalam adonannya ditambahkan keju, sementara nastar yang ini adalah nastar yang empuk karena kejunya hanya untuk taburan aja ...
resep nastarnya dapat dari milis NCC ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Nastar Empuk Tabur Keju

Bahan :
  • 250 g margarine
  • 250 g unsalted butter
  • 100 g gula halus
  • 4 kuning telur
  • 700 g tepung terigu
  • 4 sdm susu bubuk full cream
  • 1/2 sdt garam

Isi :

  • selai nanas

Olesan & Taburan :

  • 3 kuning telur + 2 sdm evaporated milk
  • keju cheddar parut

Cara Membuat :

  • Aduk mentega, gula halus dan telur hingga rata. (mixer speed 1, asal nyampur)
  • Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan garam, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  • Ambil sedikit adonan, bentuk bulat. Pipihkan adonan lalu isi dengan selai nanas.
  • Tata nastar diatas loyang kue kering dan beri jarak secukupnya. Olesi dengan campuran kuning telur dan taburi dengan keju parut.
  • Oven dengan suhu 140’C selama lk. 30 menit.
  • Angkat nastar dari loyang dan biarkan dingin. Susun dalam toples dan tutup rapat.

strawberry cookies ...

ini merupakan modifikasi dari resep water melon cookies yang pernah saya posting sebelumnya … dan kayaknya sich lebih pas karena saya emang pake strawberry flavour …

hanya saja untuk membuatnya butuh kesabaran dan ketelatenan karena strawberry cookies ini jelas lebih njelimet dari water melon cookies, ‘cause kita harus membentuknya satu per satu … makanya, saya cuma sanggup menghabiskan 1/3 bagian adonan saja, sementara sisa adonan terpaksa saya masukkan freezer, menunggu kalo saya punya kesabaran lagi, he he he …

btw, Aditnya seneng dan begitu mateng langsung dilahap … untung masih ada sisa 3 buah untuk difoto … he he he …

Photobucket - Video and Image Hosting


Strawberry Cookies

Bahan A :

  • 200 g margarine + 100 g unsalted butter
  • 250 g gula bubuk
  • 50 ml whipped cream
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 3 kuning telur
  • 1/2 sdt garam

Bahan B :

  • 350 g tepung terigu
  • 50 g almond bubuk
  • 30 g tepung maizena
  • 40 g susu bubuk full cream
  • 2 sdm wijen hitam, sangrai
  • 1 sdt strawberry flavour
  • pewarna merah secukupnya

Bahan C :

  • 175 g tepung terigu
  • 20 g tepung maizena
  • 20 g susu bubuk full cream
  • 1 sdt strawberry flavour
  • pewarna hijau secukupnya

Olesan :

  • putih telur secukupnya

Cara Membuat :

  • Kocok margarin dan mentega hingga lembut. Tambahkan gula bubuk, kocok rata.
  • Masukkan berturut-turut whipped crean, vanili bubuk, kuning telur dan garam sambil terus dikocok hingga rata.
  • Ambil 2/3 bagian adonan (lk. 400 g), campur dengan Bahan B, aduk rata. (menjadi adonan berwarna merah)
  • Campur 1/3 bagian sisa adonan (lk. 200 g), campur dengan Bahan C, aduk rata. (menjadi adonan berwarna hijau).
  • Bentuk adonan merah menjadi buah strawberry.
  • Bentuk adonan hijau menjadi kelopak dan tangkainya.
  • Rekatkan buah dengan kelopak dan tangkainya dengan bantuan putih telur.
  • Lakukan hingga adonan habis.
  • Tata potongan kue di atas loyang yang telah dialasi dengan wax paper dan panggang dengan api paling kecil hingga matang (lk. 25-30 menit di ovenku).

Monday, December 04, 2006

pukis tiga rasa ...

Pukis ini salah satu camilan favorit Emas kalo pas mudik … hampir tiap hari Ibu selalu beli 20 buah pukis kalo ke pasar, dan itu bisa habis dalam sehari sama Emas aja … he he he …
Kebetulan di Kuwait ini, saya tinggal bersebelahan dengan tukang pukis … he he he … rugi donk kalo saya tidak belajar bikin pukis …
Akhirnya, dengan cetakan pinjeman dan petunjuk dari si tukang pukis, jadi juga saya mencobanya … hasil angkatan pertama, hangus dengan sukses, he he he … alhamdulillah, angkatan kedua dan seterusnya lulus dengan sukses, kuning langsat kayak yang bikin … ha ha ha …
Yang lebih menyenangkan lagi, karena Emas langsung habis 7 buah (gembul banget yak), dan Aditnya habis 2 buah (tumben dia doyan) … btw, tukang pukis mesti siap-siap nich punya saingan … he he he …
Oya, resepnya sama dengan yang diposting sang suhu, resep Pukis Blue Band ini, ada di Femina, No. 40/XXXIII tgl 6-12 Oktober 2005

Photobucket - Video and Image Hosting
Pukis Tiga Rasa

Bahan :
  • 6 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 100 g gula pasir
  • 350 g tepung terigu
  • 150 g Blue Band, lelehkan
  • 1 sdt ragi instant
  • 450 ml santan kental
  • 1 sdm Blue Band untuk mengoles cetakan

Taburan :

  • kacang tanah kupas, sangrai lalu blender dengan sedikit gula pasir
  • cokelat beras warna-warni
  • keju cheddar parut

Cara Membuat :

  • Kocok kuning telur, putih telur dan gula hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan Blue Band cair. Aduk rata.
  • Tambahkan ragi instant dan santan. Aduk kembali hingga rata. Diamkan selama 30 menit di tempat hangat. (kemaren saya bikin jam 9 pagi dan baru dibakar jam 3 sore … he he he … maksudnya sich biar masih anget aja kalo pas Emas pulang … trus karena sekarang udah winter, adonannya saya simpen di dalam microwave biar anget … he he he …)
  • Panaskan cetakan pukis, dan olesi dengan Blue Band. (jika ketika dioles terdengar bunyi mendesis, itu tandanya cetakan udah siap untuk diisi …)
  • Isi cetakan sekitar 2/3nya aja karena adonan akan naik. Tutup cetakan dan biarkan sesaat. Jika adonan sudah agak membeku, beri taburan lalu tutup kembali. Bakar hingga matang (lakukan tes tusuk jika ragu).
  • Angkat dan sajikan hangat.

Pukis Tiga Rasa : Cokelat, Kacang dan Keju

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Cokelat

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Kacang

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Keju

ikan asin masak cabe ijo ...

Masakan ini sebenarnya kesukaan Bapak saya … kebetulan waktu mudik kemaren, Emas ikutan nyicipin dan ternyata suka … akhirnya, saya dibekelin Ibu sekantong ikan gabus asin buat persediaan kalo kebetulan Emas pengen dibuatin …
Dan ini termasuk menu favorit saya juga karena bisa bikin saya nambah nasi … he he he … jarang-jarang lho saya makan pake acara nambah ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ikan Asin Masak Cabe Ijo

Bahan :
  • 2 ekor ikan gabus asin ukuran sedang, rendam air agar rasa asinnya berkurang
  • 10 buah cabe ijo, iris bulat ½ cm
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 iris lengkuas
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm kecap manis
  • garam secukupnya (tambahkan disaat-saat terakhir aja kalo dirasa perlu)
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  • Panaskan 1 sdm minyak lalu tumis irisan bawang putih dan merah hingga harum. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Masak hingga bumbu matang.
  • Masukkan cabe ijo dan ikan asin, aduk rata. Tuangi air dan bubuhi gula merah serta kecap manis. Biarkan hingga mendidih dan bumbu meresap.
  • Sesaat sebelum diangkat, cicipi dan tambahkan garam jika dirasa perlu.
  • Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Catatan :

  • Jika tidak ada ikan gabus asin, dapat juga digenti dengan ikan asin jambal roti ... kayaknya malah lebih enak pake jambal roti ya ? ... he he he ...

nasi udang ...

Waktu buka-buka Jajanan Jawa Timur keluaran Femina, seri masak Primarasa nemu resep Nasi Udang … kayaknya sich enak juga, makanya dicobain …
cuma, kalo di resep aslinya dilengkapi dengan sambal setan, serundeng dan lalap mentah, maka nasi udang versi ini dilengkapi dengan wader goreng tepung, kripik tempe, sambel terasi dan of course, lalap mentah tentunya … ternyata bener enak lho …

Photobucket - Video and Image Hosting
Nasi Udang

Bahan :
  • 200 g udang, buang kepalanya, cuci bersih
  • 5 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung terigu
  • air secukupnya
  • minyak goreng

Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang putih
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt garam

Pelengkap :

  • sambal terasi (resep asli : sambal setan)
  • keripik tempe & wader goreng tepung (resep asli : serundeng)
  • lalap mentah : timun & daun kemangi

Cara Membuat :

  • Campur udang dengan bumbu halus hingga rata. Tambahkan 3 sdm tepung beras, aduk kembali hingga rata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap dan tepung melekat sempurna.
  • Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang banyak, lalu goreng udang hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  • Campur sisa tepung berbumbu dengan sisa tepung beras (2 sdm) dan tepung terigu (1 sdm). Tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang licin.
  • Goreng cairan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga menjadi remahan yang kering. Angkat dan tiriskan.
  • Penyajian : tata nasi putih hangat di piring, beri udang berikut remahannya. Lengkapi dengan wader goreng tepung, keipik tempe, sambal terasi dan lalap mentah. Sajikan selagi hangat.

Catatan :

  • Nasi ini saya lengkapi dengan wader goreng tepung dan keripik tempe karena kebetulan dapet oleh-oleh dari tetangga … he he he … so, kalo mau dilengkapi dengan teri atau ikan asin goreng serta tempe goreng juga sah-sah saja kok … saya engga bakalan marah … he he he …

ayam bakar bumbu bacem ...

kalo udah mulai winter gini, biar gag gampang ambruk, saya mesti banyak makan ... dan biar banyak makan, mesti masak yang keringan aja, karena kalo makan makanan yang berkuah, saya cenderung makan sedikit soalnya keburu kenyang ma kuahnya ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ayam Bakar Bumbu Bacem

Bahan :
  • 1 ekor ayam, belah 4 bagian
  • 1 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 2 lembar daun salam
  • 3 iris tipis lengkuas
  • 50 g gula merah, sisir
  • 2 sdm kecap manis

Bumbu Halus :

  • 4 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam

Pelengkap :

  • lalap sayuran : kemangi, kol, mentimun & jer-jer (rocket)
  • sambal terasi

Cara Membuat :

  • Lumuri ayam dengan air jeruk lemon. Diamkan sesaat lalu tiriskan.
  • Tata ayam, daun salam dan lengkuas dalam sebuah wajan. Beri bumbu halus, gula merah dan kecap manis. Tuangi santan lalu rebus dengan api kecil hingga ayam lunak dan kuah mengering.
  • Angkat ayam dan bakar hingga kecoklatan.
  • Sajikan ayam bakar dengan lalapan dan sambal terasi.

Catatan :

  • Ayam bisa dibakar dengan grill pan atau dalam oven, tetapi akan lebih nikmat jika dibakar menggunakan bara arang.

wingko coklat ...

salah satu variasi dari wingko, yang saya buat untuk open house di rumah salah satu temenku ... :)

Photobucket - Video and Image Hosting
Wingko Coklat

Bahan :
  • 400 ml santan kental (saya pake Arroy Coconut Milk, pas 1 kaleng)
  • 200 g gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 250 g tepung ketan putih
  • 25 g cokelat bubuk (saya pake ovaltine)
  • 250 g coconut sweetened keluaran Bakers
  • minyak goreng untuk mengoles
  • daun pisang untuk alas
  • 1 kuning telur, untuk olesan

Cara Membuat :

  • Rebus santan bersama gula pasir hingga gula larut. Tambahkan garam dan vanili bubuk, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
  • Sementara itu, olesi loyang dengan minyak goreng. Alasi dengan daun pisang dan olesi kembali dengan minyak goreng. Sisihkan.
  • Dalam sebuah wadah, ayak tepung ketan dan cokelat bubuk. Tuangi santan yang sudah dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin.
  • Tambahkan kelapa, aduk hingga tercampur rata.
  • Tuangkan adonan kedalam loyang sambil diratakan.
  • Panggang dalam dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit. Keluarkan dari oven dan oles permukaannya dengan kuning telur hingga rata.
  • Masukkan kembali kedalam oven, dan panggang selama 20 menit hingga matang.
  • Lama pemanggangan silakan disesuaikan dengan oven masing-masing, karena tiap oven punya karakteristik yang berbeda-beda.

water melon cookies ...

bikin kue kini karena sejak pertama beli bukunya, Adit langsung order minta dibikinin ... cuma kok rasanya males banget yach ... kebayang dech gimana jlimetnya ...
tapi karena sayang anak, akhirnya lebaran kali ini emang diniatin untuk bikin ... bener dech, hampir nangis rasanya ... dari ngebentuknya yang mesti step by step, ampe ngebakarnya yang penuh perjuangan saking lamanya ...cuma, rasanya semua kerja keras itu terbayar lunas melihat senyum lebar Adit dan matanya yang berbinar-binar ketika akhirnya si water melon cookies ini matang ... apalagi karena ternyata dia doyan ... :))
oya, resepnya dapet dari 18 Cake & Cookies Favorit punya Fatmah Bahalwan dan NCC ... gag sama persis sich sama resepnya, karena aku gag pake perenyah cookies dan melon flavournya aku genti dengan strawberry flavour ... habis disini gag ada sich ... btw, rasanya enak kok and yang jelas anak-anak pasti suka karena bentuknya yang unik ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Watermelon Cookies

Bahan A :
  • 200 g margarine + 100 g unsalted butter (resep asli : 300 g mentega/margarin)
  • 250 g gula bubuk (resep asli : 225 g gula bubuk)
  • 50 ml whipped cream
  • 1 sdt vanili bubuk (resep asli : 1 sdt pasta vanili)
  • 3 kuning telur
  • 1/2 sdt garam

Bahan B :

  • 175 g tepung terigu
  • 50 g almond bubuk (hiks mesti bikin sendiri nich, gag ada yang jual disini)
  • 10 g tepung maizena
  • 20 g susu bubuk full cream
  • 1 sdm wijen hitam, sangrai
  • 1 sdt strawberry flavour (resep asli : 1 sdt melon flavour)
  • pewarna merah secukupnya

Bahan C :

  • 175 g tepung terigu
  • 20 g tepung maizena
  • 20 g susu bubuk full cream
  • 1 sdt lemon flavour (resep asli : gag pake)
  • pewarna kuning secukupnya

Bahan D :

  • 175 g tepung terigu
  • 20 g tepung maizena
  • 20 g susu bubuk full cream
  • 1 sdt strawberry flavour (resep asli : 1 sdt melon flavour)
  • pewarna hijau secukupnya

Olesan :

  • putih telur secukupnya

Cara Membuat :

  • Kocok margarin dan mentega hingga lembut. Tambahkan gula bubuk, kocok rata.
  • Masukkan berturut-turut whipped crean, vanili bubuk, kuning telur dan garam sambil terus dikocok hingga rata.
  • Bagi adonan menjadi 3 bagian. (waktu kemaren bikin, adonannya jadi seberat lk. 600 g jadi dibagi 3 aja @ 200 g).
  • Ambil 1/3 bagian adonan, campur dengan Bahan B, aduk rata. (menjadi adonan berwarna merah)
  • Ambil 1/3 bagian adonan, campur dengan Bahan C, aduk rata. (menjadi adonan berwarna kuning).
  • Ambil 1/3 bagian adonan, campur dengan Bahan D, aduk rata. (menjadi adonan berwarna hijau).
  • Bagi adonan merah menjadi 2-4 bagian. Bentuk seperti lontong. Bungkus dengan plastik dan simpan dalam freezer.
  • Sementara menunggu adonan merah mengeras, gilas tipis adonan kuning sesuai dengan ukuran gulungan adonan merah. Olesi permukaannya dengan putih telur.
  • Keluarkan adonan merah yang sudah mengeras dan bungkus dengan adonan kuning. Bungkus dengan plastik smabil dirapatkan lalu bekukan kembali.
  • Gilas adonan hijau sesuai ukuran gulungan lalu oles permukaannya dengan putih telur. Keluarkan gulungan yang telah mengeras lalu bungkus dengan dengan adonan hijau. Bungkus dengan plastik sambil dirapatkan lalu bekukan kembali.
  • Keluarkan gulungan kue, belah melintang menjadi 2 bagian dan potong tipis-tipis (lk. 0.5 cm).
  • Tata potongan kue di atas loyang yang telah dialasi dengan wax paper dan panggang dengan api paling kecil hingga matang (lk. 25-30 menit di ovenku).

Dari sisa adonan, dapat dibuat menjadi 2 macam cookies seperti yang terlihat dibawah ini : ...

Photobucket - Video and Image Hosting

yellow water melon cookies

Photobucket - Video and Image Hosting

water melon cereal cookies

nastar keju ...

ini resep nastar yang aku bikin tiap tahun ... sejak nyoba bikin pertama beberapa tahun yang lalu, gag pernah genti resep yang laen ... tak bisa ke laen hati dech ... he he he ...oya, kalo mau liat resep aslinya, bisa intip di sini ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Nastar Keju

Bahan :
  • 300 g margarin
  • 100 g mentega (unsalted)
  • 4 kuning telur ayam
  • 2 putih telur ayam
  • 100 g icing sugar
  • 550 g tepung terigu
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 150 g keju edam , parut
  • 50 g keju cheddar, parut

Olesan, aduk rata :

  • 2 kuning telur ayam, kocok
  • 2 sdm evaporated milk

Taburan :

  • 100 g keju Cheddar parut

Selai Nanas :

  • 3 buah nanas, parut
  • 200 g gula pasir (tambah jika kurang manis)
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat :

  • Buat selai nanasnya terlebih dahulu. Masak nanas hingga kering. Tambahkan gula pasir, kayu manis bubuk dan garam. Aduk rata dan masak terus di atas api kecil hingga kental dan warnanya agak kecokelatan. Angkat dan dinginkan. (kalo saya, disimpan dalam kulkas semaleman agar mudah dipulung)
  • Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Masukkan kembali kedalam kulkas. Sisihkan.
  • Kocok margarin dan mentega hingga lembut. Masukkan telur satu per satu sambil kocok hingga rata. Tambahkan icing sugar, kocok kembali hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu, vanili, garam dan keju parut (edam dan cheddar). Aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit. (kalo saya, dimasukkan kulkas agar adonan mudah dipulung)
  • Ambil 1 sdm adonan kue, pipihkan. Isi dengan bulatan selai nanas, bentuk kembali menjadi bola-bola. Kerjakan yang sama dengan sisa adonan.
  • Taruh di loyang datar yang dialasi paper wax (gag perlu disemir margarin lagi). Olesi permukaannya dengan bahan olesan lalu taburi keju cheddar parut.
  • Panggang dalam oven panas 160 C selama 25 menit hingga kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
  • Simpan dalam wadah kering bertutup.

udang saus nanas ...

udah lamaaaa banget pengen makan udang saus nanas, akhirnya nemu juga resep seafood saus nanas di sini ... yummyyyyyyyy ....

Photobucket - Video and Image Hosting
Udang Saus Nanas

Bahan :
  • 15 buah udang ukuran besar
  • 2 iris tipis jahe
  • 1 lembar daun salam
  • garam dan gula pasir sedikit

Saus Nanas :

  • 100 g daging buah nanas, parut
  • 75 ml saus cabai
  • 1/2 sdt bawang putih parut
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :

  • Didihkan air bersama jahe, daun salam, garam dan gula pasir. Masukkan udang, masak sebentar hingga udang berubah warna.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan udang bersama sausnya.

kolak tape ...

he he he ... ini sebenarnya kolak yang maksa banget ... pengen bkin kolak tapi cuma punya pisang ma kolang-kaling ... akhirnya, masukin aja tape singkong karena kebetulan punya ... e, ternyata enak juga lho ...


Photobucket - Video and Image Hosting
Kolak Tape

Bahan :

  • 2 buah pisang, iris serong beberapa bagian
  • 200 g tape singkong
  • 100 g kolang-kaling
  • 500 ml air
  • 500 ml santan
  • 100 g gula merah
  • gula pasir secukupnya
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :

  • Didihkan air bersama gula merah hingga gula larut. Angkat dan saring.
  • Jerang kembali di atas api bersama gula pasir, garam dan daun pandan. Biarkan mendidih.
  • Masukkan pisang dan kolang-kaling. Tambahkan santan, masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  • Sesaat sebelum diangkat, masukkan tape singkong. Aduk rata lalu angkat.
  • Hidangkan panas atau tambahkan es batu jika suka.

tahu telur ...

ceritanya, ini lagi memanfaatkan "petis" sebesar-besarnya ... he he he ...
resepnya dari Nova ... rasanya ? ... enak banget buat buka puasa, terutama karena aku rada males makan nasi waktu buka ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Tahu Telur

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 100 g taoge, buang akarnya, seduh air panas
  • 1 buah tahu, potong kecil
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • minyak goreng

Bumbu Petis, haluskan :

  • 2 sdm petis udang
  • 3 sdm kacang tanah, goreng
  • 4 siung bawang putih, iris, goreng
  • 3 bh cabai rawit
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt cuka
  • 50 ml air

Taburan :

  • 2 tangkai seledri, iris halus
  • 1 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat :

  • Kocok telur, tambahkan garam dan lada bubuk, aduk rata.
  • Masukkan potongan tahu dan irisan daun bawang kedalam telur kocok, aduk rata.
  • Panaskan 2 sdm minyak goreng dalam wajan dadar, tuang adonan tahu telur, goreng hingga kuning kecokelatan, angkat.
  • Taruh tahu telur dalam piring ceper, beri taoge. Siram dengan bumbu petis lalu taburi dengan irisan seledri dan bawang merah goreng diatasnya.

tahu petis ...

akhirnya, pesenan petisku datang juga ... langsung dech bikin tahu petis karena sejak puasa pertama selalu terbayang-bayang makan tahu petis seperti kalo di rumah ... pake acara nelpon ibu dulu lho buat ngebumbuin petisnya ... he he he ..

Photobucket - Video and Image Hosting
Tahu Petis

Bahan :
  • 10 buah tahu ukuran 7 x 7 x 1 cm
  • cabai rawit
  • minyak untuk menggoreng

Petis, didihkan hingga kental :

  • 75 g petis udang
  • 50 g gula merah
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 150 ml air

Cara Membuat :

  • Goreng tahu hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  • Belah melintang tetapi jangan sampai putus.
  • Olesi belahan tahu dengan petis dan sajikan dengan cabai rawit.
  • Yummmmmmmmmmmmmm ....

empal gepuk ...

kayaknya lebih tepat disebut Empal Gepuk by Accident dech ... karena empal ini beda di penyelesaian akhirnya ... kalo empak gepuk pada umumnya kan digoreng, nha karena rada-rada kelamaan ngrebus dagingnya (rada-rada hancur gitu), maka empal ini akhirnya dipanggang ... tapi ternyata enak juga kok, malah kata hubby, bagus karena gag tambah kolesterol ... ha ha ha ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Empal Gepuk

Bahan :
  • 1 kg daging
  • 25 g gula merah
  • 200 g gula pasir
  • 2 lembar daun salam
  • 200 ml air kaldu

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :

  • Rebus daging hingga empuk. Angkat lalu dinginkan. Potong searah serat lalu pukul-pukul hingga memar tetapi tidak hancur. Sisihkan.
  • Didihkan kaldu bersama gula merah, gula pasir, daun salam dan bumbu halus hingga bumbu matang.
  • Masukkan daging, masak hingga air habis.
  • Angkat daging lalu panggang hingga kering (dapat juga digoreng).
  • Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.

ayam panggang madu ...

punya stock 5 buah paha atas ayam di kulkas tapi bingung mau dimasak apa ... buka-buka koleksi resep akhirnya nemu Ayam Bakar Madu Stup Sayuran dari Bonus Masakan Kartini No. 2051 ... gag persis sama sich dengan resep aslinya, tapi hasilnya cukup menggoda dan jadi salah satu alternatif favorit jika mau bikin ayam panggang ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ayam Panggang Madu

Bahan :
  • 5 buah paha ayam bagian atas
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk lemon

Bumbu, aduk rata :

  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm L&P sauce
  • 1 sdm saus tomat
  • 3 sdm margarine, lelehkan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Pelengkap :

  • 200 g wortel, potong 1x1x4 cm, rebus
  • 200 g buncis, potong 4 cm, rebus
  • french fries

Cara Membuat :

  • Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk lemon hingga rata. Diamkan 15 menit lalu tiriskan.
  • Aduk potongan ayam dengan campuran bumbu hingga rata lalu ungkep hingga kuah sausnya mengental.
  • Angkat ayam dan panggang hingga matang.
  • Sajikan ayam dengan pelengkap dan sisa sausnya.

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker