Saturday, July 15, 2006

my homemade "bakso" ...

Cerita soal bakso, selalu bikin teringat jadoel waktu pertama kali bikin sendiri ... ceritanya, karena pengen banget makan bakso, sementara disini gak ada yang jual, kami terpaksa bikin sendiri ... dengan penuh percaya diri dan tekad bulat, kami mau coba bikin sendiri, apalagi Emas bilang dulu pernah bikin waktu masih mbujang ...
So, kamipun beli daging cincang ... en then, setelah ditambah bawang putih bubuk, merica bubuk, garam, telur, terigu dan baking powder, direbuslah tu bakso yang sudah dibentuk bulat ... eng ing eng ... bakso yang semula sebesar bola bekel itu menjelma menjadi bola tennis ketika mengapung ... he-he-he, la gimana gak mau membesar, wong bikin bakso kok pake terigu, dikasih baking powder lagi ...
But, dari tanya sana sini plus improve sana sini akhirnya kamipun bisa bikin bakso yang baik dan benar ... ya walaupun belum seenak baksonya "pak kumis" di Simpang Lima Semarang, tapi ya lumayanlah ...

Nah, pulang kemaren, nemu resep bakso yang kayaknya okeh banget ... kalo dulu bikin bakso, cairannya cuman dari putih telur aja, so baksonya bisa dibentuk bulat dengan rapi, bakso yang ini pake air es juga, so adonannya jadi lembek banget en bentuknya jadi kurang cantik karena yang bikin belum mahir dalam membentuknya ... tapi soal rasa, jangan tanya dech ... top abiss ... cuma kayaknya ni bakso cocoknya cuma buat konsumsi sendiri, soalnya kalo buat dijual, dijamin gak balik modal dah ... he-he-he ...


Bahan :

  • 500 g daging sapi giling, simpan dalam lemari es dan keluarkan begitu akan diproses
  • 75 g tepung sagu
  • 75 g es batu
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 bungkus royco rasa sapi
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm putih telur

Cara Membuat :

  • Masukkan semua bahan kedalam food processor lalu proses hingga halus.
  • Ambil segenggam adonan, tekan hingga adonan keluar melalui celah antara ibu jari dan jari telunjuk. Sendok adonan dan langsung masukkan kedalam air yang sedang mendidih. Jaga air agar jangan sampai bergolak, agar bakso tidak merekah.
  • Rebus hingga bakso matang dan terapung. Angkat dan masukkan kedalam wadah berisi air es untuk proses cooling.
  • Bakso siap digunakan.
  • Catatan : satu resep ini menjadi lk.75 butir bakso ukuran sedang.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker