Wednesday, July 26, 2006

pecel madiun ...

Pecel madiun'ku ini, resep sambelnya aku ambil dari "Primarasa ala Cafe & Kaki Lima", cuma sayurannya disesuaiin dengan isi kulkasku lah yaa ...


Pecel Madiun

Bahan :

  • 200 g kacang panjang, potong 3 cm
  • 200 g kembang turi, buang benang sari dan putiknya
  • 200 g daun singkong yang muda
  • 100 g taoge
  • 50 g kemangi
  • resep aslinya memakai kacang panjang, kol, kangkung & taoge

Sambel Pecel :

  • 4 sdm minyak goreng
  • 2 buah cabai merah
  • 6 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 6 cm kencur
  • 12 lembar daun jeruk, iris halus
  • 2 sdt terasi
  • 100 g gula merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 250 g kacang tanah goreng, haluskan

Cara Membuat :

  • Rebus kacang panjang, kembang turi dan daun singkong secara terpisah. Sementara untuk taoge cukup diseduh dengan air panas saja. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  • Sambal Pecel : panaskan minyak, goreng cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan kencur hingga layu. Angkat dan taruh dalam cobek. Selagi panas, haluskan bersama daun jeruk, terasi, gula merah dan garam. Tambahkan air asam jawa dan kacang tanah yang telah dihaluskan. Tuangi 300 ml air panas, campur hingga licin dan kental.
  • Penyajian : tata sayuran di atas piring saji lalu tuangi sambal diatasnya. Sajikan dengan kemangi, serundeng, kering tempe, rempeyek kacang dan telur pindang.

Oya, buat yang belum pernah melihat penampakan si "kembang turi", ada pic'nya nich di bawah ...

Jadoel banget, Emak suka bikin oseng kembang turi ini pake tempe semangit (tempe yang sudah diinapkan semalam) ... tapi ternyata si kembang turi ini enak juga dibikin pecel ...

8 Comments:

At 11:56 AM, Blogger yummy! said...

weh, kembang turi pan udah jarang mbak? uenak itu buat pecel. Obat sakit pinggang tuw :)

 
At 2:17 PM, Blogger bunda adit said...

bener, di Indo mang dah jarang ... tapi saya justru nemunya di Kuwait, di asin store yang jual sayur dari Thailand ...

 
At 10:39 PM, Anonymous Anonymous said...

bunda...di asin store ada jual daun singkong ga yah...?

 
At 10:41 PM, Anonymous Anonymous said...

asin store ddimana sih....? aku jg di kuwait nih......

 
At 12:54 PM, Blogger MErrytaRiyadi said...

salam kenal mbak,ini uenak bgt loh jd pelengkap pecel.Yg gak kalah enaknya juga buah Krayi,buah yg ky timun itu,direbus enak bgt dimakan sama pecel,ehehehe...

 
At 3:21 PM, Anonymous Anonymous said...

Wah Resep pecelnya nampaknya bukan khas madiun nich, termasuk sayur yang dipakai, utamanya taugenya salah pilih tuh untuk pecel khas madiun, coba dulu pecel madiun aslinya aja, pasti beda dech

Mr. Cho

 
At 4:49 PM, Blogger cuci-piring said...

Betul mr.cho. Toge sama kacang panjang jarang digunakan untuk pecel madiun. Masih kurang banyak g ada lauk pauknya itu.

 
At 12:21 AM, Anonymous Anonymous said...

Setahu saya telur nya diceplok,bukan di pindang... :D

 

Post a Comment

<< Home

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker