Thursday, August 17, 2006

siomay ...

Tiba-tiba aja si Emas pulang bawa 1 ekor ikan tengiri, walopun cuma 2,5 kg tapi kan bingung juga mau dibikin apa 'cause mau dibekuin aja freezernya udah penuh ... akhirnya, muncullah ide bikin siomay ... tapi maunya bikin siomay yang kayak dijual keliling gitu, 'cause selama ini kalo makan siomay, ikannya berasa banget (gagsukaterlaluamis.com) ...

Ngublek-ublek arsip milis, akhirnya ketemu jawabnya, ternyata pake labu siam ... si labu siam itulah yang bikin siomay gag terlalu amis dan tetep empuk walo sudah dingin ... cuma untuk sambelnya, gag ikutan pake ubi merah (sweet potato) karena lebih sreg pake bumbu yang asli pake kacang aja ...


Siomay

Bahan :

  • 500 g daging ikan tengiri
  • 300 g tepung kanji
  • 100 g labu siam parut
  • 4 siung bawang putih
  • 1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam (pake royco)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 putih telur
  • 200 ml air es
  • 2 batang daun bawang, iris halus

Pelengkap :

  • 2 buah tahu ukuran 4x10x10 cm, potong segitiga, buat lubang pada bagian diagonalnya
  • 25 lembar kulit lumpia ukuran 10x10 cm
  • 10 lembar kol, buang tulang daunnya, layukan lalu gulung
  • 10 buah kentang ukuran kecil, kukus hingga matang
  • 10 butir telur, rebus hingga matang, kupas
  • jeruk limau
  • kecap manis
  • saus sambal botolan

Sambal Kacang (dibuat tidak pedas karena anak-anak ikut makan) :

  • 1 sdm margarin
  • 3 buah cabai merah, buang bijinya
  • 3 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 250 g kacang tanah, goreng, haluskan
  • garam dan gula pasir sesuai selera
  • 2 sdm saus tomat botolan
  • 500 ml kaldu ayam

Cara Membuat :

  • Masukkan semua bahan siomay kedalam food processor lalu proses hingga halus.
    Ambil sebuah tahu, beri adonan siomay pada bagian yang berlubang. Lakukan hingga tahu habis. Kukus hingga matang. Sisihkan.
  • Ambil selembar kulit lumpia, beri adonan isi lalu satukan ujung-ujungnya. Masukkan kedalam cucing yang telah dioles minyak. Beri cincangan wortel diatasnya (agar keliatan manis kalo difoto ) lalu kukus hingga matang. Sisihkan.
  • Kalo suka, sebagian adonan siomay bisa juga digoreng.
  • Penyajian : tata siomay, tahu, kentang, telur dan kol di piring saji. Siram dengan sambal kacang dan sajikan dengan jeruk limau, kecap manis dan saus sambal botolan.
  • Sambal Kacang : haluskan cabai merah dan bawang putih. Panaskan margarin, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, tambahkan daun jeruk, tumis hingga matang. Masukkan kacang tanah halus, aduk hingga rata. Tuangkan kaldu ayam, lalu tambahkan garam, gula pasir dan saus tomat. Masak dengan api kecil hingga bumbu kental dan berminyak. Tambahkan air panas secukupnya hingga didapat kekentalan yang sesuai dengan selera. Angkat.
  • Catatan : kalau mau sambal kacang ala 'mang-mang tukang siomay, ganti kaldu ayam dengan 1 buah ubi merah kukus yang sudah diblender dengan 500 ml air.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker