Thursday, November 09, 2006

rawon ...

gag tau kenapa, gara-gara nemu 3 butir telur asin waktu Indonesian Day kemaren kok jadi pengen makan rawon ... padahal, disini kan kagak ada keluwek, untung aja kemaren sempet "katutan" bumbu rawon ...

dan karena pengen rawon jugalah aku jadi terpaksa bikin taoge (bikin apa nanam ya ?.. ) ... habis, rawon kan cocoknya pake taoge pendek, sementara yang dijual disini taoge yang panjang-panjang ... gak pa pa lah, memang perlu usaha dikit kalo pengen makan enak ... he-he-he ...

btw, bumbunya campuran antara bumbu fresh sama bumbu instant karena aku gak punya keluwek so bumbu instant'nya itu buat bikin berasa pake keluwek aja ... :))

rawon

Bahan :

  • 500 g daging sapi
  • 1.5 L air
  • 2 sdm olive oil, untuk menumis
  • 2 iris tipis lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan bagian putihnya
  • 2 iris tipis jahe
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus bumbu rawon instant

Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 buah cabai merah
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir

Pelengkap :

  • taoge pendek, cuci bersih
  • ketimun, iris kecil
  • kerupuk udang
  • telur asin
  • irisan daun bawang & bawang merah goreng untuk taburan

Cara Membuat :

  • Didihkan air lalu masukkan daging, rebus hingga daging empuk. Angkat daging lalau potong dadu kecil dan masukkan kembali kedalam kaldunya. Didihkan kembali.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama lengkuas, serai, jahe dan daun jeruk sampai harum.
  • Masukan tumisan kedalam kaldu rebusan daging. Tambahkan bumbu rawon instan. Aduk rata. Masak dengan api kecil selama 30 menit. Cicipi dan tambahkan bumbu hingga sesuai dengan selera.
  • Angkat dan hidangkan dengan pelengkap.

Catatan :

  • Rawon ini akan lebih enak jika diinapkan terlebih dulu. Sehingga untuk makan hari ini, akan lebih mantap jika rawonnya sudah dimasak sejak kemaren ... :))

jajanan jaman sekolah ...

nggak tau kenapa tiba-tiba pengen makan jajanan wajib jaman SMA dulu ... jajanan yang dimakan waktu istrirahat pertama (pk. 09.15 WIB) dan membuat perut tetap kenyang walau sampai rumah baru pukul 13.30 WIB ...


jajanan jaman es-em-a

Bahan :

  • mie goreng
  • bakwan sayuran
  • bumbu kacang

Cara Membuat :

  • mie goreng : bikin aja dari indomie goreng, simpel ... :))
  • bakwan sayuran : yang ini juga kan gampang, tinggal nyampur taoge, wortel, daun bawang, terigu ma air, dibumbuin bawang putih, merica ma garam doang trus digoreng sampai kering ... :))
  • sambel kacang : kalo males ya pake sambel kacang siap pakai .. he-he-he ...
  • penyajian : taruh mi goreng di piring saji, beri bakwan sayuran yang sudah dipotong-potong trus siram aja pake sambel kacang. Taburi bawang goreng kalau ada. Dan jika kurang pedes, tinggal tambah dengan sambel botolan.
  • gampang kan ???? ....

asam manis udang ....

ini salah satu masakan kegemaran suamiku ... bahannya bisa udang, ayam ato ikan ... yang penting, nanasnya harus banyak ... he-he-he ...


asam manis udang

Bahan :

  • 300 g udang ukuran sedang, kupas, sisakan ekornya
  • 1 buah jeruk lemon, ambil airnya
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 g tepung maizena

Saus Asam Manis :

  • 2 sdm olive oil
  • 1 sdt bawang putih cincang
  • 1 sdt jahe cincang
  • 1/2 buah bawang bombay, iris melintang 1/2 cm
  • 1/2 buah nanas, iris kotak
  • 1/2 buah paprika hijau, iris kotak
  • 1/2 buah paprika merah, iris kotak
  • 1/2 buah paprika kuning, iris kotak
  • 3 sdm saus tomat botolan
  • 1 sdm saus sambal botolan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml kaldu/air

Cara Membuat :

  • Campur udang dengan air jeruk lemon, garam dan gula pasir hingga rata. Simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam. Keluarkan dan lumuri dengan tepung maizena hingga rata. Masukkan lagi kedalam lemari pendingin selama 1 jam. Ulangi hingga 2 atau 3 kali agar tepung menempel dengan sempurna.
  • Goreng udang dalam minyak yang banyak dan panas hingga kering dan kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  • Buat saus asam manisnya. Panaskan olive oil, lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan bawang bombay, aduk-aduk hingga layu. Masukkan potongan nanas dan aneka paprika. Beri saus sambal, saus tomat, merica, garam dan gula pasir. Tuangi air, masak hingga mengental.
  • Tata udang pada piring saji lalu siram dengan saus panas-panas. Atau bisa juga masukkan udang kedalam wajan berisi saus, aduk rata lalu angkat.
  • Sajikan segera.

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker