Monday, December 04, 2006

ikan asin masak cabe ijo ...

Masakan ini sebenarnya kesukaan Bapak saya … kebetulan waktu mudik kemaren, Emas ikutan nyicipin dan ternyata suka … akhirnya, saya dibekelin Ibu sekantong ikan gabus asin buat persediaan kalo kebetulan Emas pengen dibuatin …
Dan ini termasuk menu favorit saya juga karena bisa bikin saya nambah nasi … he he he … jarang-jarang lho saya makan pake acara nambah ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ikan Asin Masak Cabe Ijo

Bahan :
  • 2 ekor ikan gabus asin ukuran sedang, rendam air agar rasa asinnya berkurang
  • 10 buah cabe ijo, iris bulat ½ cm
  • 4 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 lembar daun salam
  • 1 iris lengkuas
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm kecap manis
  • garam secukupnya (tambahkan disaat-saat terakhir aja kalo dirasa perlu)
  • air secukupnya

Cara Membuat :

  • Panaskan 1 sdm minyak lalu tumis irisan bawang putih dan merah hingga harum. Tambahkan daun salam dan lengkuas. Masak hingga bumbu matang.
  • Masukkan cabe ijo dan ikan asin, aduk rata. Tuangi air dan bubuhi gula merah serta kecap manis. Biarkan hingga mendidih dan bumbu meresap.
  • Sesaat sebelum diangkat, cicipi dan tambahkan garam jika dirasa perlu.
  • Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat.

Catatan :

  • Jika tidak ada ikan gabus asin, dapat juga digenti dengan ikan asin jambal roti ... kayaknya malah lebih enak pake jambal roti ya ? ... he he he ...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker