Monday, December 04, 2006

pukis tiga rasa ...

Pukis ini salah satu camilan favorit Emas kalo pas mudik … hampir tiap hari Ibu selalu beli 20 buah pukis kalo ke pasar, dan itu bisa habis dalam sehari sama Emas aja … he he he …
Kebetulan di Kuwait ini, saya tinggal bersebelahan dengan tukang pukis … he he he … rugi donk kalo saya tidak belajar bikin pukis …
Akhirnya, dengan cetakan pinjeman dan petunjuk dari si tukang pukis, jadi juga saya mencobanya … hasil angkatan pertama, hangus dengan sukses, he he he … alhamdulillah, angkatan kedua dan seterusnya lulus dengan sukses, kuning langsat kayak yang bikin … ha ha ha …
Yang lebih menyenangkan lagi, karena Emas langsung habis 7 buah (gembul banget yak), dan Aditnya habis 2 buah (tumben dia doyan) … btw, tukang pukis mesti siap-siap nich punya saingan … he he he …
Oya, resepnya sama dengan yang diposting sang suhu, resep Pukis Blue Band ini, ada di Femina, No. 40/XXXIII tgl 6-12 Oktober 2005

Photobucket - Video and Image Hosting
Pukis Tiga Rasa

Bahan :
  • 6 kuning telur
  • 2 putih telur
  • 100 g gula pasir
  • 350 g tepung terigu
  • 150 g Blue Band, lelehkan
  • 1 sdt ragi instant
  • 450 ml santan kental
  • 1 sdm Blue Band untuk mengoles cetakan

Taburan :

  • kacang tanah kupas, sangrai lalu blender dengan sedikit gula pasir
  • cokelat beras warna-warni
  • keju cheddar parut

Cara Membuat :

  • Kocok kuning telur, putih telur dan gula hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan Blue Band cair. Aduk rata.
  • Tambahkan ragi instant dan santan. Aduk kembali hingga rata. Diamkan selama 30 menit di tempat hangat. (kemaren saya bikin jam 9 pagi dan baru dibakar jam 3 sore … he he he … maksudnya sich biar masih anget aja kalo pas Emas pulang … trus karena sekarang udah winter, adonannya saya simpen di dalam microwave biar anget … he he he …)
  • Panaskan cetakan pukis, dan olesi dengan Blue Band. (jika ketika dioles terdengar bunyi mendesis, itu tandanya cetakan udah siap untuk diisi …)
  • Isi cetakan sekitar 2/3nya aja karena adonan akan naik. Tutup cetakan dan biarkan sesaat. Jika adonan sudah agak membeku, beri taburan lalu tutup kembali. Bakar hingga matang (lakukan tes tusuk jika ragu).
  • Angkat dan sajikan hangat.

Pukis Tiga Rasa : Cokelat, Kacang dan Keju

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Cokelat

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Kacang

Photobucket - Video and Image Hosting

Pukis Keju

3 Comments:

At 4:41 AM, Blogger an said...

Mbak, salam kenal ya...saya nyontek resep pukisnya, enyaak, makasih banget. Tp gak punya cetakan pukis, jd pake cetakan apem (kayak poffertjes tp lbh besar)..

 
At 5:59 PM, Blogger lyan_id said...

kenalan dulu ya mbak...pengen buat sich tapi gak punya cetakan. Terus kalo pake catakan muffin dan di oven bisa gak ya...(ntar kalo mudik baru beli deh).

 
At 10:56 AM, Blogger Shanti Fahlevi said...

halo bu.. salam kenal dari Doha.. kebetulan pengen bikin pukis nih:) syukron resepnya ya..

 

Post a Comment

<< Home

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker