Sunday, February 11, 2007

gudeg ala mertua ....

ini gudeg ala ibu mertua ... kata suami waktu makan, "udah persis masakan ibu nih Nda" ... he he he ... seneng euy karena suami makan lahap dan Aditnya juga doyan ... :))

sorry resepnya gag pakai ukuran, karena kemaren lupa gag dicatet ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Gudeg ala Mertua

Bahan :
  • 1 buah nangka ukuran sedang, kupas, potong kecil, rebus hingga empuk, buang air perebusnya, sisihkan
  • 250 g daun singkong yang udah direbus
  • 1/2 kg iga sapi berdaging
  • 1 L air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 iris tipis lengkuas
  • gula jawa secukupnya
  • santan sedang secukupnya

Bumbu Halus :

  • bawang merah
  • bawang putih
  • kemiri
  • ketumbar
  • jintan
  • garam

Cara Membuat :

  • Rebus tulang iga dalam 1 L air yang sudah mendidih hingga empuk.
  • Masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula jawa, bumbu halus dan potongan nangka yang sudah direbus. Tuangi santan, dan masak dengan api kecil hingga kuah berkurang dan bumbu meresap.
  • Tambahkan daun singkong, aduk rata dan masak terus hingga kuah habis.
  • Angkat dan sajikan.

Note :

  • Gudeg lebih enak jika diinapkan dulu semalaman agar bumbunya lebih meresap.
  • Jika akan dipanaskan, tambahkan santan atau air panas secukupnya.

cake kukus lapis seribu ...

dalam rangka memberdayakan bumbu spekoek yang jauh-jauh dibawa dari Indonesia, akhirnya browsing dan nemu resep cake kukus lapis seribu disini ...

resep ini cocok banget dengan kebutuhanku yang sampai sekarang baru sukses kalo bikin kue dengan cara dikukus ... hasilnya mirip banget dengan lapis legit yang dipanggang ... cobain dech ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Cake Kukus Lapis Seribu

Bahan A :
  • 6 butir telur utuh
  • 3 butir kuning telur
  • 250 g gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm emulsifier (misal TBM, SP, dll)
  • ½ sdt vanilli

Bahan B :

  • 150 g tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • ½ sdt baking powder

Bahan C :

  • 100 g mentega
  • 100 g margarin

Bahan D :

  • 10 g coklat bubuk
  • 1 sdm bumbu spekoek

Cara Membuat :

  • Siapkan loyang loaf 22 x 10 x 8cm, poles dengan mentega alasi kertas roti. Sisihkan. (note : saya pake loyang 20 x 20 cm)
  • Kocok bahan C (mentega dan margarin) menjadi satu hingga pucat, sisihkan.
  • Kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata. Beri bahan C yg sudah dikocok, aduk rata.
  • Ambil lk. 4 sendok makan adonan, tuang dalam loyang, ratakan. Taburi campuran coklat bubuk dan bumbu spekoek dengan cara diayak rata dipermukaannya. Kukus selama 10 menit.
  • Lalu tuang lagi 4 sendok makan adonan, ratakan dan taburi coklat bubuk lagi, kukus. Lakukan selapis demi selapis hingga adonan habis.
  • Terakhir, teruskan kukus selama 20 menit. Angkat.

lapis singkong ...

duh, kalo tiap wiken mesti bikin camilan buat dibawa ke pengajian anak-anak sama dibawa buat maen bola ternyata bikin pusing kepala juga euy ... kan gag mungkin tiap kali bawa brownies kukus melulu ... akhirnya, mesti putar otak nyari resep yang laen ...

kebetulan punya singkong parut frozen, langsung dech ada ide bikin "sentiling" ... tapi, karena mau dibawa untuk keesokan harinya, jadi takut basi dech karena sentiling kan pake kelapa parut ...

akhirnya, bikin aja "asal jadi" ... ternyata, mayan juga hasilnya ... bawa 25 potong ke lapangan bola langsung tandas kata Emas ... mungkin karena orang-orang dah lama gag makan singkong kali ya ? ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lapis Singkong

Bahan :
  • 900 g singkong parut
  • 1 bungkus agar-agar tanpa warna
  • 1 kaleng (400 ml) santan kental
  • 300 g gula pasir (kalo tidak suka manis, jumlah gula bisa dikurangi)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt essence pandan
  • 1 sdt pewarna hijau untuk makanan

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang, dan lapisi tutupnya dengan serbet.
  • Olesi loyang dengan minyak sayur. Sisihkan.
  • Dalam sebuah waskom, masukkan singkong parut, agar-agar, santan kental, gula pasir dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian. 1 bagian dibiarkan tanpa pewarna sementara 1 bagian lainnya ditambah dengan essence pandan dan pewarna hijau. Aduk hingga rata.
  • Tuangkan setengah bagian adonan hijau kedalam loyang, lalu kukus selama 10 menit hingga mengeras.
  • Tambahkan setengah bagian adonan putih, kukus kembali selama 10 menit.
  • Masukkan sisa adonan hijau, kukus 10 menit dan terakhir masukkan adonan putih dan kukus kembali selama 20 menit hingga matang seluruhnya.
  • Keluarkan loyang dari dandang dan biarkan hingga benar-benar dingin.
  • Setelah dingin benar, kue akan mudah dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.
  • Sajikan kue dengan kelapa parut yang telah dikukus dengan daun pandan dan sedikit garam.

Photobucket - Video and Image Hosting

pisang molen ...

sebenarnya resep pisang molen keju ini udah pernah saya posting disini ... tapi karena saya sedikit melakukan perubahan (cieee), maka rasanya tidak ada salahnya saya posting versi terbarunya ... hi hi hi ... kayak lagu aja ...

beda resep yang ini ama resep yang dulu adalah pada jumlah gula dan kejunya ... juga pada tingkat ketipisan lembaran kulitnya ... jika biasanya saya hanya sampai no. 5, kali ini saya menipiskannya sampai no. 7 ... tapi jadinya sich lebih crispy kalo menurut saya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Pisang Molen
Bahan :
  • 500 g tepung terigu
  • 75 g gula halus (resep yang dulu : 100 g)
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 kuning telur
  • 125 g margarin (suhu ruangan)
  • 100 ml air hangat
  • 100 g keju cheddar parut (resep yang dulu : 75 g)
  • pisang, potong-potong
  • minyak goreng

Cara Membuat :

  • Dalam sebuah wadah yang cukup besar, campur tepung terigu, gula halus, vanili dan garam hingga rata. Tambahkan kuning telur dan margarin.
  • Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Terakhir masukkan keju parut, uleni hingga tercampur rata.
  • Bungkus adonan dengan plastik dan diamkan selama 15-20 menit dalam suhu ruangan.
  • Dengan menggunakan gilingan mie, giling adonan hingga menjadi pita pipih yang panjang dengan lebar 3 cm.
  • Lilitkan pada potongan pisang hingga tertutup seluruhnya. Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
  • Goreng dalam minyak panas yang banyak hingga molen matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

Note :

  • buat yang suka manis, pisang molen ini enak juga lho disajikan dengan taburan gula donat ... :)

soto kudus ala emak ...

kalo bikin soto, biasanya kan ayam direbus tersendiri ... kaldunya buat kuah soto, sementara ayamnya digoreng lalu disuwir-suwir ... nha kalo soto ala emakku ini, ayamnya dimasukkan kedalam tumisan bumbu hingga ayamnya tidak "sepo" alias hambar ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Soto Kudus ala Emak

Bahan :
  • 1 ekor ayam, belah 4 bagian
  • 1.5 L air panas
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 iris tipis jahe
  • 2 batang daun bawang, potong 1 cm

Bumbu Halus :

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Pelengkap :

  • suun, seduh air panas hingga bening, tiriskan
  • taoge, seduh air panas, tiriskan
  • kol, buang tulang daunnya, iris halus
  • seledri, iris halus
  • bawang merah goreng
  • bawang putih goreng
  • sambal rawit
  • kecap manis
  • air jeruk nipis

Cara Membuat :

  • Panaskan 2 sdm minyak lalu tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk dan jahe hingga harum. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu.umbu halus bersama serai, daun jeruk dan jahe hingga harum. Tambahkan daun bawang, aduk-aduk hingga layu.
  • Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna. Biarkan hingga ayam keluar airnya.
  • Tuangi air panas dan kecilkan api. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga ayam empuk dan air tinggal 1 L.
  • Angkat ayam dan goreng hingga kering. Tiriskan lalu suwir-suwir dagingnya.

Penyajian :

  • Dalam mangkuk saji, beri suun, taoge, irisan kol dan suwiran ayam. Siram dengan kuah soto lalu taburi dengan irisan seledri, bawang merah goreng dan bawang putih goreng.
  • Sajikan hangat dengan sambal rawit, kecap manis dan air jeruk nipis.

asem-asem iga ...

masakan ini, cocok buat orang yang punya hobby ngerikitin tulang seperti saya ... he he he ...
selama ini suka bikin asem-asem buncis pake tetelan ... kali ini nyobain bikin pake iga ... enak juga ternyata ... syaratnya, ni masakan mesti dibikin sehari sebelumnya biar bumbunya benar-benar meresap dan daging yang menempel di iga benar-benar empuk ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Asem-Asem Iga

Bahan :
  • 500 g iga sapi yang masih berdaging, potong-potong
  • 1 L air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 iris lengkuas, digeprak
  • 2 sdm air asam jawa
  • 3 sdm kecap manis

Bumbu :

  • 5 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris bulat 1/2 cm
  • 2 buah cabai hijau, iris bulat 1/2 cm
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :

  • Rebus iga dalam 1 L air bersama 1 lembar daun salam dan 1 iris lengkuas hingga daging yang menempel di tulangnya empuk. Biarkan diatas api.
  • Sementara itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daun salam, lengkuas, cabai merah dan cabai hijau. Aduk hingga layu.
  • Masukkan tumisan bumbu kedalam panci berisi iga dan kaldunya. Bubuhi dengan gula merah, garam, air asam jawa dan kecap manis. Angkat.
  • Akan lebih nikmat jika masakan ini dimasak sehari sebelum disajikan.

lapis pandan ...

sudah lamaaaa banget pengen bikin lapis ... setelah percobaan terakhir gatot, akhirnya jadi males nyoba lagi ... tapi, setelah liat Lapis Malaya'nya Julia, jadi kepengen nyoba lagi dech ...
dengan sedikit modif, akhirnya jadi juga tu lapis ... enak euy, walo menurut aku kurang manis dikit sich ... maklum, suka yang manis-manis ... he he he ...
thanks ya Jul udah share resepnya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lapis Pandan

Bahan :
  • 900 ml santan kental
  • 250 g gula pasir (yang suka manis bisa ditambah 25 g)
  • 2 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 tetes essence pandan
  • pewarna hijau secukupnya

Ayak menjadi satu :

  • 275 g tepung beras
  • 100 g tepung maizena
  • 25 g tepung terigu

Cara Membuat :

  • Didihkan santan kental bersama gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk perlahan agar santan tidak pecah. Angkat dan dinginkan.
  • Sementara itu, panaskan dandang. Jangan lupa, lapisi penutupnya dengan serbet agar uap airnya tidak menetes kembali ke atas permukaan kue.
  • Olesi loyang dengan minyak. Sisihkan.
  • Setelah santan dingin betul, masukkan campuran tepung. Aduk hingga menjadi adonan yang licin. Saring juga perlu.
  • Bagi adonan menjadi 2 bagian sama banyak.
  • Ambil 1 bagian adonan, beri essence pandan dan pewarna hijau. Aduk hingga tercampur rata.
  • Biarkan 1 bagian adonan lainnya tanpa warna.
  • Masukkan loyang kedalam kukusan lalu tuang 1 sendok sayur adonan hijau kedalamnya. Kukus selama 5 menit hingga mengeras.
  • Tuangkan 1 sendok sayur adonan putih, kukus kembali selama 5 menit. Begitu seterusnya berselang-seling sambil dikukus masing-masing selama 5 menit.
  • Terakhir, kukus selama 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk jika perlu.
  • Angkat dan dinginkan. Potong-potong sebelum disajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

semar mendem pedas ...

semar mendem ini merupakan modifikasi semar mendem khas jogja yang rasanya manis dan gurih ... sebenarnya sama persis dengan semer mendem aslinya, yaitu berupa lemper ketan berisi ayam dan dibungkus dengan dadar telur ... bedanya, yang ini isinya dibuat pedas karena untuk camilan temen-temen hubby maen bola ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Semar Mendem Pedas

Bahan :
  • 500 g ketan putih, rendam 2 jam, cuci bersih, tiriskan
  • 500 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam

Isian :

  • 2 buah dada ayam, ungkep hingga kering, suwir-suwir dagingnya
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 100 ml santan cair
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam

Bumbu Halus :

  • 4 buah cabai merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 1/8 sdt jintan, sangrai
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1/2 cm kencur

Lapisan Dadar :

  • 10 butir telur ayam
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm tepung terigu
  • 200 ml santan cair
  • 2 sdm margarin, lelehkan

Cara Membuat :

  • Buat isian terlebih dahulu. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk hingga harum. Masukkan suwiran ayam dan santan cair. Aduk rata. Bubuhi gula pasir dan garam. Masak hingga mengering. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  • Kukus beras ketan hingga setengah matang. Sementara itu, didihkan santan kental bersama garam, serai dan daun salam. Angkat. Masukkan ketan kukus, aduk rata. Diamkan sesaat hingga santan terserap habis. Kukus kembali ketan hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Buat lapisan dadarnya. Aduk semua bahan dadar hingga menjadi adonan yang licin. Saring jika perlu. Buat dadar tipis pada wajan datar hingga adonan habis.
  • Penyelesaian : ambil selembar dadar, beri 1 sdm ketan kukus. Tambahkan 1 sdt isian lalu beri ketan kukus lagi. Bungkus dengan cara melipat kedua sisi ke tengah lalu gulung. Lakukan hingga bahan habis.
  • Sajikan.

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus dua rasa ...

brokus ini merupakan modifikasi dari brokus pandan keju dan brokus cokelat yang sudah pernah diposting sebelumnya ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Brownies Kukus Dua Rasa

Bahan Lapisan Keju :
  • 200 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 butir telur
  • 60 g gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 100 g margarin, lelehkan
  • 50 g keju cheddar parut

Bahan Lapisan Cokelat :

  • 85 g tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 20 g cokelat bubuk
  • 2 butir telur
  • 65 g gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 100 g margarin, lelehkan
  • 50 g DCC, lelehkan

Filling :

  • meises, secukupnya (kali ini terpaksa pake meises warna-warni karena meises cokelatnya nyelip)

Cara Membuat :

  • Panaskan dandang, olesi loyang dengan margarin tipis-tipis.
  • Lapisan Keju : kocok telur dan gula pasir sebentar. Masukkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan kental. Tambahkan terigu yang sudah diayak dengan baking powder bergantian dengan margarin leleh. Aduk rata. Masukkan keju parut dan aduk kembali hingga rata. Tuang adonan kedalam loyang dan masukkan kedalam dandang yang sudah panas. Kukus selama 10 menit.
  • Lapisan Keju : kocok telur dan gula pasir sebentar. Masukkan emulsifier, kocok hingga mengembang dan kental. Tambahkan terigu yang sudah diayak dengan baking powder dan cokelat bubuk bergantian dengan margarin leleh dan DCC leleh.
  • Taburi lapisan keju dengan meises hingga rata lalu tuangi dengan lapisan cokelat. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk jika perlu.
  • Angkat dan potong-potong setelah dingin.

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus utuh yang belum dipotong-potong

Photobucket - Video and Image Hosting

brokus yang udah dipotong, siap di-wrap dan dibawa ke tempat ngaji

lumpia semarang ...

udah lama pengen bikin lumpia semarang, kebetulan waktu ke thai store liat rebung fresh yang udah direbus ... akhirnya, dibuatlah ni lumpia untuk camilan waktu pengajian di rumah tetangga ...

resepnya dapet nyomot dari Yang Lezat dari Cirebon-Semarang keluaran Seri Masak Femina Primarasa ... tapi tentu saja disesuaikan jumlahnya karena mesti bikin buat banyak orang ... dari satu resep ini, jadi sekitar 50 buah lumpia ukuran sedang ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Lumpia Semarang

Bahan :
  • 400 g rebung yang sudah direbus, potong korek api kecil
  • 200 g udag kupas, cincang
  • 200 g daging ayam, cincang
  • 2 sdm ebi yang sudah dihaluskan
  • 3 sdm olive oil
  • 6 siung bawang putih, cincang
  • 8 butir bawang merah, cincang
  • 4 batang daun bawang, iris halus
  • 50 lembar kulit lumpia ukuran 190 x 190 mm
  • putih telur untuk merekatkan

Bumbu, aduk jadi satu :

  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Saus :

  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 50 g gula merah
  • 500 ml air
  • 2 sdt cuka masak
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung kanji, larutkan dengan 2 sdm air

Pelengkap :

  • acar mentimun
  • saus asam manis + cabai rawit (kalau suka)

Cara Membuat :

  • Panaskan olive oil, tumis bawang putih dan bawang merah hingga matang. Masukkan ayam cincang, aduk-aduk hingga berubah warna.
  • Tambahkan udang cincang, rebung dan ebi. Aduk hingga udang berubah warna.
  • Masukkan campuran bumbu dan irisan daun bawang. Aduk rata dan masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Angkat dan dinginkan.
  • Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm adonan isi. Lipat sisi kiri dan sisi kanan ke tengah lalu gulung dan rekatkan dengan putih telur. Lakukan hingga seluruh bahan habis.
  • Goreng dengan minyak yang banyak dan panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dengan saus dan acar mentimun.
  • Saus : didihkan air dan gula merah hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan saring. Jerang kembali diatas api, tambahkan bawang putih halus, cuka masak dan kecap manis. Setelah mendidih, masukkan larutan tepung kanji, aduk hingga agak kental. Angkat.

Photobucket - Video and Image Hosting

tape ketan item ...

gara-gara beres-beres lemari dapur, baru dech tau kalo masih punya stock ketan item ... mana banyak lagi, ada 2 kilo ... akhirnya yang 1 kilo nekad aja dibikin tape ... gimana gag nekad, katanya kalo winter kan bikin tape suka gatot ...

eniwei, alhamdulillah tapenya jadi dan manis pula ... nha, giliran bingung dech tape segitu banyak mau dibikin apa ... masak iya dingin-dingin gini mau bikin puding atau es campur ? ... di desert aja suhunya nyampe 0 derajat celcius euy ...

oya, resepnya pake resep tape ketan ala Fatmah Bahalwan .... karena aku bikinnya 1 kilo, maka resepnya tinggal dikalikan dua aja ... :))

Photobucket - Video and Image Hosting
Tape Ketan Item

Bahan :
  • 500 beras ketan hitam
  • 2 gelas air
  • 2 butir ragi tape
  • 2 sdm gula kastor

Cara Membuat :

  • Rendam beras ketan hitan semalaman. Tiriskan lalu kukus hingga setengah matang.
  • Sementara mengukus, didihkan 2 gelas air.
  • Saat ketan sudah panas kepul-kepul, siram-siram dengan air mendidih (posisi tetap diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan terkena air panas. Teruskan mengukus hingga ketan matang.
  • Angkat ketan, gelar dalam nampan atau tampah. Biarkan hingga benar-benar dingin.- Haluskan ragi tape.
  • Ratakan selapis ketan dalam wadah, taburi ragi hingga rata. Taburkan juga gula kastor secukupnya.
  • Tambahkan selapis ketan lagi diatasnya, beri ragi dan gula kastor. Lakukan seterusnya hingga bahan habis.
  • Tutup rapat dan diamkan selama 3 hari 2 malam di tempat yang hangat.
  • Jadi dech tape ketannya ... :))

Tips :

  • Bila nggak takut bintitan, gunakan wadah plastik bertutup yang transparan, sehingg anda bisa mengintip metamorfosa-nya si tape.

siomay instant ...

orang males tapi pengen makan enak, nha itulah aku ... he he he ...
udah beberapa hari ini pengen banget makan siomay, cuma kalo mau bikin kok males banget ... karena pasti jadinya banyak dan gag ada yang bantu ngabisin ...

untung inget kalo di freezer punya siomay frozen bawaan dari Indo waktu mudik kemaren ... ternyata mayan enak lho ... cukup recommended untuk dibawa, terutama untuk orang males seperti aku ... he he he ... udah gitu, karena 1 bungkus isi 10 buah siomay ukuran kecil, kayaknya cocok dech kalo buat porsi berdua ... hi hi hi ...
Aditnya gag diitung karena dia gag doyan ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Siomay Instant

Bahan :
  • 2 bungkus siomay frozen, kukus 6 menit (sesuai petunjuk kemasan), sisihkan
  • 10 lembar kol, gulung (ikat dengan benang jika kol'nya kaku) lalu kukus sebentar, sisihkan
  • 10 buah kentang ukuran kecil, kukus hingga matang, sisihkan
  • 5 butir telur, rebus hingga matang, kupas, sisihkan
  • 10 buah tahu ukuran kecil, kukus sebentar, sisihkan

Saus Kacang :

  • 150 g kacang tanah, goreng, haluskan kasar
  • 4 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk limau, belah-belah
  • 50 g gula merah, sisir halus
  • 1 sdt garam
  • air panas secukupnya
  • 1 sdm margarin

Pelengkap :

  • kecap manis
  • saus sambal botolan
  • air jeruk limau

Cara Membuat :

  • Haluskan cabai merah, bawang putih dan kemiri sangrai.
  • Panaskan margarin lalu tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan jeruk limau, masak hingga bumbu matang.
  • Masukkan kacang tanah, gula merah, garam dan air panas. Masak sambil sesekali diaduk. Tambahkan air panas secukupnya hingga kekentalan yang diinginkan. Masak hingga berminyak lalu angkat.
  • Tata siomay, kol, kentang, telur dan tahu dalam piring saji lalu siram dengan saus kacang. Sajikan dengan pelengkapnya.

Ini bukan iklan lho, tapi cuma memperlihatkan siomay instant yang kemaren aku pakai ... mayan enak sich kalo menurut aku ... buat yang minat, silakan masukkan dalam daftar belanja kalo mudik nanti ... he he he ...

Photobucket - Video and Image Hosting

ketan isi ayam suwir pedas ...

tadinya mau bikin semar mendem, tapi kok males bikin dadar buat kulitnya ... tapi dah terlanjur ngukus ketan ma bikin isiannya ...
akhirnya dibulet-buletin aja terus dipanir dan digoreng ... lha kok ternyata mirip dengan bola-bola ketan yang ada dibuku "kreasi kudapan dari ketan" punya mas Budi Sutomo ...

Photobucket - Video and Image Hosting
Ketan Isi Ayam Suwir Pedas

Bahan :
  • 500 g beras ketan putih, rendam 2 jam, cuci bersih, tiriskan
  • 500 ml santan kental
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam

Isian :

  • 2 buah dada ayam, ungkep hingga kering, suwir-suwir
  • 3 lembar daun jeruk
  • 200 ml santan cair
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Bumbu Halus :

  • 4 buah cabai merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 1/4 sdt jintan sangrai
  • 5 butir kemiri sangrai

Bahan Pelapis :

  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 g tepung panir

Cara Membuat :

  • Isi : tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daun jeruk, aduk-aduk hingga layu. Masukkan suwiran ayam dan santan cair. Bubuhi garam dan gula pasir. Masak hingga kering dan bumbu meresap. Angkat dan sisihkan.
  • Kukus beras ketan selama 30 menit hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  • Didihkan santan bersama serai, daun salam dan garam. Aduk agar santan tidak pecah. Angkat.
  • Masukkan ketan kedalam panci berisi santan, aduk rata dan biarkan sejenak agar santan terserap habis.
  • Kukus kembali ketan selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  • Alasi tangan dengan plastik (atau gunakan sarung tangan plastik), ambil 2 sdm ketan kukus, pipihkan. Beri 1 sdt adonan isi lalu bentuk bulat dan rapikan. Lakukan hingga bahan habis.
  • Celupkan bulatan ketan kedalam kocokan telur lalu gulingkan pada tepung panir hingga seluruh permukaan ketan tertutupi tepung panir.
  • Goreng dalam minyak yang banyak dan panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Sajikan selagi hangat.

Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker Daisypath Ticker